(untuk mahasiswa baru)

Hai semuanya,

Tahun ajaran baru, semester baru akan segera dimulai.

Bagi anda, adik-adik mahasiswa baru, utamanya yang masuk di FK, pertama-tama saya mengucapkan selamat ya, selamat datang dan selamat bergabung di universitas tercinta kita. Selanjutnya yang kedua, saya mengucapkan selamat berjuang (tidak pakai stres berat), pantang menyerah  dan tetaplah semangat (sampai lulus kelak).

Lo, kok..

Iya, awal semester, awal tahun ajaran  bisa menjadi saat yang berat bagi anda. Adik-adik akan menjalani aktivitas  baru yang cukup menguras energi (jangan cemas, tetap menyenangkan kok). Pada minggu-minggu awal nanti, kalian akan diperkenalkan dengan lingkungan universitas beserta jajaran pimpinannya, mulai dari tingkat universitas kemudian dilanjutkan di fakultas masing-masing. Nah, setelah mengikuti kegiatan perkenalan selama sekitar 2 mingguan, serta menyelesaikan konsultasi dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) dengan Pembimbing Akademik barulah anda nanti lanjut ke masa perkuliahan.

Terus beratnya dimana?

Kalau menurut saya tidak berat, mungkin yang lebih pas adalah melelahkan. Ya, melelahkan. Setiap harinya saat masa aktif perkuliahan, anda akan mengikuti perkuliahan dari pagi sampai siang terkadang sore, kemudian asistensi dan praktikum, tutorial, skillab dan  lain-lain. Beda kan, dengan saat SMA yang masih memberikan kesempatan tidur siang? Belum lagi bagi mahasiswa yang jauh dari orang tua atau mahasiswa kost, masih harus cari makan sendiri, tentu harus pintar-pintar memanage waktu untuk kelancaran semuanya.

Tapi, adik-adik percayalah, kalau sudah mantap insyaallah akan berjalan lancar. Lihat pada kakak-kakak senior anda, kalau mereka bisa, kenapa tidak?

Oke, selamat belajar ya, happy studying …